Graduation ke-42

Menikmati suka-duka masa SMK sudah berakhir. Inilah yang dialami para siswa kelas XII SMKN 2 Sukawati Angkatan 42. Bertempat di lapangan SMK yang sudah berstatus Pusat Keunggulan ini, para siswa yang sudah berhasil menuntaskan tiga tahun masa belajarnya ini secara resmi dilepas pada Jumat, 3 Mei 2024.

Graduation yang dimulai pukul 08.00 Wita dan diawali dengan persembahan tari Panyembrama oleh siswi kelas X  ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan & Olahraga Provinsi Bali, Camat Sukawati, Kodim Kabupaten Gianyar, Kapolsek Kecamatan Sukawati, Ketua MKKS SMK se-Kabupaten Gianyar, Pengawas Pembina SMK, Perbekel Desa Dinas Batubulan, Bendesa Adat Jro Kuta Batubulan, Babinsa dan Bimas Desa Adat Batubulan, Kepala SMKN 1 Tampak Siring, Kepala SMKN 3 Sukawati, Ketua Komite beserta jajarannya, serta seluruh warga SMK Negeri 2 Sukawati.

Mengusung tema “End of Beginning“, acara graduation ini menggambarkan perubahan fase hidup dari awal menuju akhir. Pada saat bersamaan, tema ini juga bermakna awal untuk sesuatu yang baru. Melalui tema ini para siswa diajak melihat masa depan dengan semangat baru, keyakinan dan kegembiraan akan peluang peluang yang akan datang. Graduation ini akan menjadi momen yang sangat berarti bagi para siswa kelas XII SMKN 2 Sukawati angkatan 42.

Graduation merupakan salah satu implementasi dari gerakan merdeka belajar yang digaungkan Kemendikbudristek belakangan ini. Kegiatan ini merupakan program yang berpihak kepada siswa, karena memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan aspirasinya.”, ujar I Made Soma ST.,M.Pd. selaku Kepala SMKN 2 Sukawati saat memberi sambutan sekaligus refleksi kepemimpinan selama menjabat.

Selain berisi sambutan dari kepala sekolah, graduation yang merupakan hasil keputusan bersama para siswa kelas XII ini juga dilengkapi dengan sambutan dari Ketua Komite SMKN 2 Sukawati, Ibu pengawas Pembina SMK dan Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan & Olahraga Provinsi Bali yang di wakili oleh Kepala Bidang Pembina SMK Provinsi Bali, Kesan dan pesan dari perwakilan kelas X & XI serta perwakilan kelas XII, Pemberian apresiasi kepada siswa siswi berprestasi, serta penyerahan administrasi dari Kakomli kepada Kepala Sekolah dan Ketua Komite. Bagian terpenting dari kegiatan ini adalah penyerahan siswa dari pihak sekolah kepada orang tua secara simbolis diwakili Ketua Komite, ditandai dengan pelepasan name tag serta pengalungan medali oleh Kepala SMKN 2 Sukawati kepada Siswa/i kelas XII.

Selain menampilkan hiburan dari guru dan siswa, Graduation yang merupakan kali kedua dilaksanakan pada masa kepemimpinan I Made Soma, ST., M.Pd. ini dimeriahkan oleh penampilan guest star, Tika Pagraky dan Wira Krisna.

Kelulusan ini menjadi momen yang sangat berkesan bagi para siswa, orang tua & para guru di SMKN 2 Sukawati. Para siswa merasa bahagia karena telah berhasil menyelesaikan pendidikannya. Orang tua tentunya merasa bangga melihat anak anak mereka berhasil menyelesaikan masa-masa belajarnya selama tiga tahun. Para Guru juga merasa berhasil mendidik para siswa/i mereka dan siap untuk melanjutkan ke tantangan yang lebih tinggi baik di perguruan tinggi, bergabung di industri perusahaan, maupun berwirausaha. Selamat untuk kalian semua. (Semaker_Jurnalis)