Bulan Bahasa Bali di SMK Negeri 2 Sukawati

Gelaran Bulan Bahasa Bali kembali diadakan di SMK Negeri 2 Sukawati. Ini merupakan kali ke-6 Semaker mengadakan Bulan Bahasa Bali. Kegiatan yang berlangsung sejak Senin[12/02/24] sampai Selasa[13/02/24] ini mengusung tema Jana Kerthi “Dharma Sadhu Nuraga”. Tema ini memiliki makna bahwa Bulan Bahasa Bali merupakan altar pemuliaan Bahasa, Akasara, dan Sastra Bali, sebagai sumber kebenaran, kebijaksanaan, dan cinta kasih untuk memperkuat jati diri Krama Bali. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini diisi serangkaian lomba, yaitu Nyurat Lontar, Baligrafi, Kidung, dan Dharma Wacana.

Kegiatan yang resmi dibuka oleh Waka Kurikulum SMKN 2 Sukawati ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan Bali sekaligus untuk mencari bibit unggul di bidang kebudayaan Bali.

Malarapan antuk Bulan Bahasa Bali puniki iraga di Bali kaicen galah mangda prasida ngajegang inti-inti ke-Balian mangda Bahasa Baline nenten punah.” Ucap I Made Sumedana, S.Pd., M.Pd. selaku  Waka Kurikulum saat membuka kegiatan tersebut.

Tidak hanya kegiatan lomba, kegiatan Bulan Bahasa Bali kali ini juga diisi dengan bakti sosial di Pura Dalem Sekar Mukti di Desa Singapadu. Seluruh siswa sangat antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Terbukti kegiatan bulan Bahasa bali ini akhirnya menelorkan para juara.

Perwakilan kelas X Perhotelan 5 berhasil menjadi peringkat pertama dalam lomba nyurat lontar, X Busana sebagai peringkat kedua, dan X Perhotelan 3 sebagai peringkat ketiga. Dalam lomba Baligrafi perwakilan kelas XI Boga 2 menjadi peringkat pertama, kelas XI Boga 3 sebagai peringkat kedua, dan kelas XI Perhotelan 1 sebagai peringkat ketiga. Lomba Dharma Wacana dimenangkan oleh kelas XII Multimedia 1 sebagai peringkat pertama, kelas XII Busana 1 sebagai peringkat kedua, dan kelas X Busana sebagai peringkat ketiga. Lomba Kidung dimenangkan oleh kelas XI Perhotelan 1 sebagai peringkat pertama, kelas XI Perhotelan 2 sebagai peringkat kedua, kelas X Perhotelan 1 sebagai peringkat ketiga. (Jurnalis_SEMAKER)