Semaker Berjaya di SMK Fest Region Gianyar

Gelaran SMK Fest 2024 merupakan ajang bergengsi yang diluncurkan Dinas Pendidikan Provinsi Bali. Kegiatan yang digelar secara serentak di enam kabupaten/kota di Bali ini merupakan rangkaian kegiatan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Lomba Kompetensi Siswa (LKS), Olimpiade Olah raga Siswa Nasional (02SN), serta Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI).

“SMK Fest diharapkan mampu memberikan gambaran, informasi dan referensi SMK/Pendidikan Vokasi kepada seluruh lapisan masyarakat Bali,” Ujar Boy Jayawibawa selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali.

Untuk Kabupaten Gianyar, kegiatan ini digelar di SMK Negeri 1, 2, dan 3 Sukawati. Selain diikuti oleh seluruh SMK negeri dan swasta di region Gianyar, kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini juga dimeriahkan oleh para siswa SMA, SMP, para guru, dan masyarakat umum. Kegiatan ini juga merupakan bentuk kolaborasi antara SMK dengan dunia usaha dan industri (DUDI).

Sebagai salah satu tuan rumah pada region Gianyar dalam acara yang berlangsung pada  Senin (29/1) hingga Rabu (31/1) ini, Semaker tentu tidak mau ketinggalan untuk menampilkan karya terbaik para siswanya.

Dalam kegiatan expo misalnya. Semaker menampilkan produk-produk yang dihasilkan oleh semua jurusan yang ada, yaitu produk makanan, tekstil, busana, pernak-pernik kain perca, ukiran, logam, dan masih banyak produk menarik lainnya.   Produk-produk ini tentu saja menarik perhatian pengunjung. Tidak sedikit pengunjung yang akhirnya membeli hasil karya tangan terampil putra-putri Semaker.

Dalam SMK Fest kali ini, SMKN 2 Sukawati berhasil meraih banyak juara. Pada cabang FLS2N, Semaker berhasil menjadi juara satu dalam lomba film pendek, serta juara ketiga dalam lomba  fashion show busana adat ke pura. Pada cabang FIKSI, sekolah yang dipimpin oleh I Made Soma, ST., M.Pd. ini berhasil meraih juara pertama dalam lomba perencanaan pariwisata dan kuliner, juara pertama lomba pengembangan pariwisata dan kuliner, serta juara kedua lomba industry kreatif. Pada cabang LKS, SMK Negeri 2 Sukawati berhasil memperoleh juara satu pada lomba kriya dan kue pastry and confectionery, serta juara dua lomba pelayanan restaurant. Pada cabang O2SN, Semaker kembali berbangga karena berhasil menjadi juara pertama dalam lomba pencak silat putri, dan juara kedua dalam lomba atletik putri. Banyaknya juara yang diraih ini, mengukuhkan Semaker menjadi juara umum di SMK Fest Region Gianyar 2024. (Semaker_Jurnalis)