Melangkah ke Tingkat Nasional

Menyandang status PK, SMK Negeri 2 Sukawati membuktikan diri layak disebut sekolah unggul. Kali ini dibuktikan dalam ajang SMK Fest Tingkat Provinsi yang pertama kali digelar oleh Dinas Pendidikan Provinsi Bali selama tiga hari (20-22/3) di Art Centre, Denpasar.

Pada ajang yang merupakan kelanjutan dari SMK Fest tingkat Kabupaten ini, Semaker mewakili Kabupaten Gianyar untuk berbagai cabang perlombaan.

Dari berbagai cabang lomba tersebut, sekolah yang dipimpin oleh I Made Soma, S.T, M.Pd. ini memperoleh hasil yang tidak mengecewakan, yaitu juara I Pencak Silat Putri, juara I Pencak Silat Putra, Juara I Fiksi Bidang Pengembangan Usaha, juara 2 Bulu tangkis, juara 2 Film Pendek, juara 2 Krya Kayu, juara 3 Receptionis, dan juara harapan 1 Pastry.

Perolehan juara ini mengantarkan Semaker untuk maju ke tingkat nasional mewakili Bali pada kategori lomba Pencak Silat Putra-Putri, dan Fiksi Pengembangan Usaha. Hasil ini tentu saja membuktikan bahwa sekolah yang berlokasi di Jalan Kampus SMK Batubulan ini memang layak diacungi jempol.

“Kita patut berbangga diri karena prestasi kita tidak main-main.”, ungkap I Made Soma, S.T, M.Pd. Ketika memberikan sambutan pada apel pagi yang dilaksanakan di lapangan SMK Negeri 2 Sukawati, Jumat (22/3).

Selain mewakili Gianyar dalam berbagai cabang lomba, Semaker juga turut ambil bagian dalam gelaran ekspo SMK Fest guna menampilkan produk-produk kreatif yang dihasilkan para siswa. Yang tidak kalah menarik, sekolah yang juga dikenal dengan nama SMIK Batubulan ini juga menampilkan peragaan busana hasil karya para siswa jurusan busana, serta kegiatan demonstrasi towel art dari para siswa jurusan perhotelan.

Keseluruhan prestasi dan keikutsertaan Semaker pada ajang SMK Fest Tingkat Provinsi Tahun 2024 membuktikan bahwa sekolah yang memiliki delapan jurusan ini memang layak menjadi sekolah Pusat Keunggulan. (Semaker Jurnalis)